Mulai Petualanganmu di Sumba, Yuk!

Pernahkah kamu berpikir untuk rehat sejenak dari pekerjaan sehari-hari yang membuat penat dan lari ke tempat di mana bisa menenangkan diri. Cobalah sewaktu-waktu untuk merasakan yang namanya petualangan yang mungkin kamu tidak pernah bayangkan sebelumnya. Salah satu tempat yang bisa menjadi destinasi petualanganmu adalah Pulau Sumba, di mana masih bisa kita temukan desa-desa tradisional yang akan membuat kita seperti terlempar ke masa lalu.

Bahkan di sini kita masih bisa menemukan ritual perburuan kepala manusia, kita pun masih bisa menemukan pohon tengkorak di beberapa desa yang ada di sini.

Hamparan padang rumput juga perbukitan dari batu kapur akan memberikan kamu pengalaman tersendiri yang tidak akan pernah kamu lupakan seumur hidupmu. Tapi kalau ke Sumba, kira-kira ke mana ya, yang cocok untuk menjadi destinasi petualangan kita.

Berikut ini kami memiliki beberapa rekomendasi tempat yang cocok untuk menjadi destinasi wisata ketika ada di Sumba.

Rekomendasi Wisata Sumba

1.Leguna Weekuri- Sumba

Leguna Weekuri

Pemandangan yang disajikan di Leguna Weekuri mungkin akan mengingatkan kamu tentang Surga. Keindahan dari Leguna Weekuri akan membuat kamu merasakan keajaiban yang mungkin akan jarang terjadi pada hidupmu. Dengan jarak 20 meter dari laut, air yang ada di danau ini sangat sejuk dan cocok sekali sebagai tempat untuk berenang.

Atau jika tidak ingin berenang, cukup celupkan kakimu ke air danau ini dan nikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya. Jika kamu bukan penggemar keramaian, datanglah di pagi hari. Saat pagi pun kamu bisa melihat indahnya sinar matahari yang masuk menembus air danau hingga ke dasar danau.

2. Desa Ratenggaro

Desa Ratenggaro

Seperti yang kami katakan sebelumnya, di Sumba masih terdapat desa-desa tradisional yang akan membuat kamu seakan sedang terlempar ke masa lalu. Salah satu desa yang wajib banget untuk dikunjungi ketika ke Sumba adalah Desa Ratenggaro. Di desa ini, warganya masih menggunakan rumah dari bambu dengan atap yang unik.

Atap mereka di bangun setinggi 25 meter, tujuannya adalah untuk menghormati para leluhur. Dari desa ini pun kita bisa melihat keindahan pantai yang ada di Sumba Barat ini. Bahkan tidak jauh dari desa ini, kita bisa melihat pemakaman megalitik yang sudah ada sejak 4500 tahun lalu.

3. Makam Megalitik

Makam Megalitik

Sekarang kita akan membahas tentang makam megalitiknya, di mana menyerupai Hall of Faces yang mungkin tidak asing untuk penggemar film Game of Thrones. Bukan gambar wajah yang ada di wisata Sumba ini, melainkan lebih ke ukiran detail yang merupakan gambaran dari bangsawan yang sudah wafat di masa tersebut. Beberapa desa yang ada di Sumba, seperti Pasunga, Gallu Bakul, dan Ana Bura pun juga memiliki komplek besar yang hingga kini masih terawat dengan baik.

4. Pantai Watu Parunu

Pantai Watu Parunu

Air biru jernih, keindahan pantai yang memukau, sampai ke pemandangan karang-karang yang tidak ada tandingannya menjadi kelebihan dari Pantai Watu Parunu yang ada di Sumba Timur ini. Karena pantai ini masih cukup asing di telinga para wisatawan, ini akan menjadi tempat melarikan diri yang paling indah untukmu. Bahkan terkadang kamu bisa melihat para nelayan yang baru saja kembali dari laut.

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang bisa menjadi tempat kamu melarikan diri di Sumba NTT. Kira-kira dari 4 tempat di atas, mana yang menurut kamu tempat terbaik untuk memulai penjelajahanmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post